Rabu, 26 Januari 2011

TIPS MENGHEMAT BATERAI LAPTOP

Dengan beberapa tips di sini, anda dapat melakukan penghematan energi yang cukup signifikan. Ini merupakan cara yang sangat sederhana akan tetapi seringkali tidak disadari dan terlupakan.

Ikuti beberapa langkah di bawah untuk berhemat energy :

1. Mengelola skema daya dengan benar pada XP

Windows XP berisi sejumlah rencana-rencana program yang telah ditentukan, yang dapat mengendalikan pengaturan seperti berapa lama waktu ketika system standby dan lain-lain.

Anda dapat mengubah skema daya laptop anda dengan membuka Control Panel kemudian klik Power Options. Dari "Power schemes" pilih opsi "Max. Battery" dan anda juga masih dapat menurunkan daftar yang tertera.

Anda dapat juga memilih opsi yang lain seperti " Portable / Laptop". Setelah selesai mengelola skema daya, klik tombol OK untuk menyelesaikan proses.

2. Turunkan backlighting pada layar anda

Layar Laptop Anda mengambil sebagian jumlah energi yang tidak sedikit, dan anda tidak memerlukan kecerahan maksimum. Periksa kembali sistem anda dan kurangi kecerahan layar ke titik yang nyaman. Pada umumnya laptop di berikan suatu kombinasi tombol Fn pada keyboard. Kombinasikan tombol Fn tersebut dengan tombol backlighting layar (setiap tipe notebook berbeda-beda).

3. Matikan pencarian sinyal nirkabel anda bila tidak digunakan

Sinyal WiFi anda memerlukan supply energi meskipun tidak sedang dalam keadaan terkoneksi. Apabila pada laptop anda disediakan tombol WiFi, cukup menekan tombol tersebut pada posisi disable. Metode ini dapat menghemat beberapa menit waktu baterai laptop anda tergantung pada tipe laptop anda.

4. Gunakan touchpad atau mouse tanpa variasi

Pada saat anda menjalankan program / aplikasi yang tidak memerlukan mouse, anda dapat menggunakan touchpad sebagai pengganti mouse. Namun, jika anda mengharuskan memakai mouse misalnya saat mendesain, gunakan mouse yang sedikit variasi lampu kedip-kedip atau yang tanpa lampu kedip-kedip.

Bayangkan saja kalau mouse anda memiliki banyak lampu yang berkedip-kedip tentunya akan semakin banyak pula menghabiskan energi baterai. Mungkin solusinya, ganti aja lampunya pakai lilin !?He........he.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar